TABUNGAN HAJI DINAR

Kita menggunakan istilah dinar pengganti istilah rupiah emas untuk menghindarkan pandangan orang bahwa dasar perhitungan rupiah emas dinegeri kita biasanya digunakan untuk transaksi pagang-gadai sawah dll. Sedangkan dalam prakteknya nanti kita mengambil patokan harga pasar rupiah emas sebagai dasar perhitungan.

Umumnya orang-orang kita khusus ibu-ibu mempunyai niat untuk melaksanakan ibadah haji agak sekali seumur hidup sebagai pelaksanaan rukun Islam ke lima. Kendalanya untuk mengumpulkan uang sekaligus mempunyai banyak godaan, karena terkumpul uang sedikit-sedikit keburu terpakai untuk keperluan-keperluan yang lain. Akhirnya niat tersebut tidak tecapai dan pahala niat tidak diperoleh karena belum ada tindakan nyata untuk menyampaikan niatnya.

Untuk menjembatani antara niat dan penyampaian niat haji Bank Syariah menyediakan sarana yang kita namakan ”TABUNGAN HAJI DINAR”. Kita himbau masyarakat kita yang berniat untuk naik haji untuk menabung di Bank Syariah dengan nilai minimum 1 rupiah emas untuk tabungan pertama sedangkan tabungan berikutnya bisa satu tali atau satu suku. Dalam administrasi kita dicatat tabungan yang bersangkutan dalam dasar rupiah emas demikian tabungan-tabungan berikutnya tetap. Tabungan dinar ini tidak mendapat bagi hasil dengan kompensasi sebagai berikut;

Umpamakan ONH dalam satu tahun Rp. 30 juta dan nilai rupiah emas waktu itu Rp. 1.000.000. Berarti ongkos naik haji sama dengan 30 rupiah emas. Bila yang bersangkutan telah cukup menabung 30 rupiah emas, maka yang bersangkutan telah berhak untuk kita serahkan uang Rp. 30 juta, sehingga yang bersangkutan bisa berangkat tahun itu. Tentang pemilihan kelompok haji mana yang dipilih oleh yang besangkutan kita serahkan kepada yang besangkutan saja memilihnya. Resiko kita adalah fluktuasi harga rupiah emas dipasaran sebagai pengganti bagi hasil bulanan dari simpanan rupiah mereka. Keuntungan para penabung dengan menggunakan Tabungan Dinar adalah ada rasa disiplin untuk berhemat dan menambah tabungannya dengan harapan bila yang bersangkutan di panggil Allah sebelum niatnya sampai, mudah-mudahan atas niat dan langkah-langkah kesungguhan yang dia lakukan akan mendapat pahala seperti pahala haji yang dia niatkan. Mohon Badan Pengawas Syariah mempelajari dan mempertimbangkan dari segi syariahnya apakah produk ini menguntungkan Bank Syariah dan menguntungkan masyarakat kita. Bila menguntungkan kedua belah pihak mudah-mudahan dapat dimulai persiapannya tahun buku 2010 ini atau paling lambat ditargetkan pelaksanannya dalam tahujn buku 2011 nanti.

About satria9955

Biasa biasa saa, sewaktu kecil agak nakal, suka mengembara. Sekarang sudah menjadi bapak dari tiga orang anak-anak. tidak nakal lagi.
This entry was posted in Agama, BPRS AAC. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s