SOSIALISASI WAKAF TUNAI DAN IBADAH HAJI

Maksimalisasi potensi Badan Pengawas Syariah mengembangkan Wakaf Tunai dan Penyaluran dana Qardul Hasan.

Selama ini Badan Pengawas Syariah kita tempatkan sebagai orang tempat bertanya dalam hal-hal operasi bank, belum sebagai badan yang ikut mengembangkan ke Syariah di Bank kita. Seperti kita ketahui bahwa sejak tahun 2005 lalu kita sudah di tunjuk selaku natzir wakaf tunai. Menurut hemat kami sebaiknya posisi dan potensi Badan Pengawas Syariah kita bebankan tugas kordinator dan mengembangkan wakaf tunai dan mengawasi penyaluran dana bergulirnya. Dengan tambahan tanggung jawab tersebut patut kita pikirkan tambahan pendapatan beliau yang diambilkan dari pos dana bergulir (bukan menjadi beban Bank Syariah). Dengan adanya ikatan wewenang dan tanggung jawab ini beliau akan dapat mengatur-atur waktu beliau untuk Bank Syariah dan tanggung jawab beliau lainnya selama ini.

Banyak rencana yang tidak jalan dalam mengembangkan dana wakaf tunai ini. Seperti kupon “Bukti Wakaf” dengan nilai Rp. 5.000.-per lembar yang telah disebarkan ketiap-tiap jorong dengan harapan masyarakat yang akan membayar rekening listirknya bersedia mengambil satu lembar kupon. Nyatanya tidak jalan dengan berbagai alasan. Kita tidak mengharapkan seluruh pelanggan listrik mengambil satu lembar kupon karena ekonomi mereka berbeda-beda. Tetapi apakah tidak ada agak 5 atau 10 orang dalam jorong itu yang berminat untuk mengambil selembar kupon setiap bulan. Itu berarti akan terkumpul wakaf tunai setiap bulan 5 atau 10 X 46 jorong = Rp. 1.150.000.- atau Rp.2.600.000.- sebulan atau setahun Rp. 13.800.000.-atau Rp. 27.600.000.-Ini baru dari sumber kupon wakaf saja, belum lagi dari perorangan yang sadar bahwa wakaf adalah salah satu dari tiga kebaikan yang akan kita bawa nati setelah kita tidak ada di alam fana ini. Insya Allah setelah sosialisasi dan imbauan yang intensif tergerak hati warga kita untuk berwakaf tunai dalam bentuk langsung ke sertifikat wakaf seri A atau B atau C.

Yakinlah, bahwa Allah berjanji untuk memberi ganjaran pahala kepada orang yang menghimbau orang lain kepada kebaikan akan mendapat pahala sebesar pahala yang diperoleh orang yang melaksanakan imbauan tersebut dan tidak dikurangi sedikitpun. Ini merupakan potensi yang sangat besar untuk diabaikan. Sekaligus kita mengajak umat ber ibadah dan deposito akhiratnya dengan cara sambilan dan tidak terasa dan pada waktunya kupon tersebut kita ganti dengan Sertifikat Wakaf.

Kita selama ini kurang sosialsasi ke mesjid-mesjid karena rencana khotbah dan dakwah bergilir ketiap-tiap mesjid tidak jalan. Dana yang akan terkumpul dari Wakaf Tunai ini tidak terbatas, sangat berbeda dengan modal disetor ada batasnya. Makin besar dana wakaf tunai ini makin banyak orang yang dapat kita bantu terhindar dari rentenir dan membebaskan umat kita dari jeratan rentenir.

Bila kita bebankan kepada Badan Pengawas Syariah tugas mengkordinir wakaf tunai ini, kita minta bantuan beliau untuk mendobrak kemacetan tersebut. Jika perlu meminjam tangan MUI Kecamatan membuat surat kemesjid-mesjid untuk mengakatifkan wirid mingguan mengingat kristenisasi sudah demikikan mencemaskan kita di Minangkabau. Berdasarkan poling yang diadakan “web surau” menyatakan 62,09% menjawab orang Minang pindah agama karena kurang pendidikan agama. Ini sangat menyedihkan kita semua. Kita ikut mengisi wirid di mesjid-mesjid di Kecamatan tidak megharapkan enpelop tetapi ikut mengisi wirid mereka sekali seminggu secara bergilir seperti kta rencanakan semula dengan kata lain ikut berjihad membentengi akidah umat kita. Semoga Allah menunjuki kita jalan yang di Ridhai-Nya. Amin.

Produk baru dalam bentuk Tabungan Haji dalam rangka beramar makruf dan bernahi mungkar. Usul produk ini bukanlah baru bahkan sejak Direksi pertama sampai terakhir pernah di lontarkan tetapi tidak pernah mendapat tanggapan secara serius positif-negatifnya.

About satria9955

Biasa biasa saa, sewaktu kecil agak nakal, suka mengembara. Sekarang sudah menjadi bapak dari tiga orang anak-anak. tidak nakal lagi.
This entry was posted in Agama. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s